Senin, 22 Oktober 2012

SEJARAH AEGIS VOICE






Aegis Voice, lahir pada tanggal 21 September 2009. Saat pertama kali terbentuk, nama Aegis adalah Aegis Salman, yaitu Aegis SALAM Mandiri. Sejak 2008, ada tim nasyid dari SALAM UI yang dibentuk oleh Nurul Iman cs. Sejak 2009 dibagi dua genre, yaitu genre Acapella dan Haroki. Nama Aegis sendiri diberikan oleh Qahhar yang sejak 2009 menjadi pelatih. Grup ini (genre Acapella) ada sejak Agustus 2009, akan tetapi personile Aegis menetapkan untuk hari jadi Aegis adalah tanggal 21 September 2009, dikarenakan hari itu adalah penampilan perdana Aegis. Disinilah para personile memulai perjalanannya. Personile Aegis pertama kali terbentuk adalah : M.R.Annas Qahhar , Nurul Iman , Ridho Ferdian, Gunawan Setiono , Lutfi M. Ridho dan Bambang.

Perjalanan personile Aegis sangatlah berat. Tidak mempunyai modal sama sekali. Honor yang diberikan saat pertama juga sangatlah kecil. Akan tetapi, para personil tidaklah lelah dan terus bersemangat. Nurul Iman sebagai ketua selalu membangun para personil untuk tetap Lillahita’ala dalam menjalankan amanah bernasyid dan berAcapella ini.

Hari berganti hari, semua dilewati oleh para personil. Perform pun semakin sering dan semakin baik. Para penonton selalu puas dengan hasil perform dari Aegis. Hingga pada suatu saat, para personil memutuskan untuk keluar dari management yang ada di SALAM UI. Aegis mulai mandiri sejak pada awal di Management yang lama. Keluarnya Aegis membuat Aegis lebih leluasa dalam penerimaan job. Walau tidak mempunyai modal, Aegis tetap maju. Sejak saat itu juga, Aegis Salman berubah nama menjadi Aegis Voice.

1 tahun pun berlalu, personil Bambang dan Lutfi pun keluar dari tim. Hal ini dikarenakan suatu dan lain hal. Sungguh tekanan berat bagi para personil Iman cs (Qahhar, Ridho, Awan). Bagaimana mungkin Aegis akan dijalankan oleh 4 personil yang kebetulan yang keluar merupakan suara tenor 1 dan Bass. Sungguh, semuanya harus dirombak kembali oleh pelatih Qahhar. Qahhar tidak kehabisan akal. Mulai dari awal, itu jalan satu-satunya. Satu persatu lagu dipelajari kembali dan sukses.

Mulai perform dengan 4 personil, itu merupakan hal yang berat bagi Aegis. Tapi tetap, di dalam hati kami selalu mengatakan “Under The Aegis Of Allah” yang artinya “dibawah naungan Allah”. Mulai saat itu, Iman pun mulai meng-compose lagu-lagu. Ridho mulai mempublikasikan secara besar-besaran nama Aegis. Qahhar mulai mempelajari nada-nada, harmonisasi dan peralatan untuk sound system. Gunawan mulai berbisnis untuk Aegis. Keluarga besar Aegis pun ikut membantu. Suatu hari, Aegis mulai merogoh membeli peralatan sound system sendiri. Satu per satu sound dibeli secara berangsur-angsur. Hingga 2011, Aegis telah mempunyai studio mini sendiri di daerah depok.

Personil Aegis

Nurul Iman, merupakan seorang pemimpin yang tenang, selalu mendengarkan secara objektif setiap masalah yang ada di Aegis Voice. Iman juga memegang keuangan serta catatan karier Aegis. beliau merupakan pria yang selalu merangkul personil dalam keadaan apapun. Tekhnik vokal yang tidak terlalu tinggi tapi mempunyai suara indah dan bentuk karakter vokal yang beda merupakan ciri khas dari beliau ini. Bisa menirukan bahkan lebih baik dari vokal asli nya merupakan keahlian Iman.

M.R.Annas Qahhar, merupakan seorang pelatih Aegis voice. Beliau merupakan sosok pelatih yang tegas, emosional dan punya jiwa kepemimpinan yang tinggi. Cara ia me-manage Aegis juga terbukti bagus. Beliau juga merupakan personil yang multi talent. Bass, Tenor, Vokal hingga falsetho pun dikuasainya. Kreatifitasnya dalam membagi suara serta mencari latar / backsound untuk acapella pun dikuasai dengan baik. Jiwa pemikir dan juga penyayang terhadap para personil merupakan karakter yang ada pada diri Qahhar.

Ridho Ferdian, si ahli komputer ini merupakan sang Public Relation pada Aegis. Seluruh publikasi ditanggung jawabkan oleh beliau. Ia juga merupakan sang editor bersama Qahhar untuk recording. Disamping itu pula, Ridho merupakan designer handal yang ada di Aegis. Pembuatan baju, logo, hingga hal-hal design yang berada di Aegis jg merupakan design dari Ridho. Saat ini Ridho merupakan vokal utama yang ada di Aegis. Selain Ridho, Iman jg merupakan vokal yang ada di Aegis.

Gunawan Setiono, beliau merupakan spealis beatbox yang ada di Aegis.  Qahhar pernah berkata “mungkin Beatbox Gunawan tidak sebaik Beatbox-Beatbox yang ada. Akan tetapi, kami Aegis tidak ingin sekalipun mengganti Gunawan dengan Beatbox profesional sekalipun”. Kata-kata itu dilontarkan Qahhar dikarenakan karakter Beatbox Gunawan sudahlah menyatu dengan personile semua nya. Tipe suara Gunawan pun sudah tepat untuk Aegis. Hal ini juga di ungkapkan oleh Iman dan Ridho. Disamping itu pula, Gunawan merupakan orang yang selalu bertugas merencakan perjalanan Aegis dalam setiap penampilan.  Beliau juga merupakan bisnis-man yang ada di Aegis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar