Senin, 09 September 2013

LATIHAN MENGENDARAI MOTOR


Kemarin, Hari Minggu (09/09), saya pertama kali mengendarai Motor bermerek Honda Supra Fit milik temen saya yang bernama Ahmad Hifni Bik.. Motor bebek itu sangat bersejarah bagi kehidupan saya karena telah membantuku dalam belajar mengendarai motor, tentu pemiliknya Hifni yang dengan rela dan ikhlas meminjamkan motornya plus menjadi guru saya dalam mengendarai motor,hehe..
(Sebenarnya sih saya pernah belajar motor bersama kakak perempuan saya (Kak Isyeu) saat masih SMA, tapi motor BekTu (Bebek Tua) milik ayah saya ;))

Medan jalan yang pertama kali saya pilih adalah di depan halaman asrama pesantren (Pesantren Mahasiswa Mutiara Bangsa Kukusan Depok) karena medannya tidak banyak kendaraan dan pas bagi pemula seperti saya untuk mencoba mengendarai motor...

Dengan arahan dari Hifni, saya pun mulai mencoba menyalakan motor, mengendarainya dengan Gigi 1 lalu pindah ke Gigi 2 saat mulai lancar mengendarai motor. Alhasil, saya mulai nyaman mengendarai motor, walau terkadang lupa terlalu kenceng tangan nge-Gas sehingga laju motor belum stabil layaknya orang bersepeda motor :)

Ada beberapa yang saya dapatkan saat belajar motor:
1. Nyalakan motor dan tunggu beberapa menit agar mesin mulai panas...
2. Saat mesin sudah panas / siap dijalankan, maka jalankanlah dengan menggunakan Gigi 1.
3. Mulailah belajar dengan Gigi 1 agar tidak terlalu kencang dan jangan lupa tuk nge-Gas ada pada tarikan tangan kananmu.
4. Saat mulai terasa lancar mengendarainya, coba tuk oper Gigi 2 agar jalan motor terasa mulus/ringan.
5. Pas awal-awal mungkin mengendarai motornya keseringan di tengah jalan. Namun, lama-kelamaan akan terbiasa tuk mengendarai motor di sebelah kiri... (hehe..saya di tengah terus saat mencoba pertama kali)
6. Jangan lupa lampu motor dinyalakan, rem selalu siap sedia, kaca spion digunakan, helm dipakai.
7. Dan yang terakhir adalah berdoa: Lahaula wa la Quwwata illa billah :)

Selamat mencoba bagi para pemula :)

1 komentar: